HIKARU NO GO


Hikaru n Sai
Hikaru n Sai

Cerita Hikaru no Go bermula saat seorang anak bernama Hikaru Shindo menemukan papan go di gudang rumahn kakeknya.Ia berpikir dapat menjual papan go itu karena ia membutuhkan tambahan uang saku.Sesaat setelah menyentuh papan go,tiba-tiba muncullah sosok Sai Fujiwara,pemain go jenius di zaman Heian.Sai Fujiwara telah meninggal akibat bunuh diri karena harga dirinya sebagai pemain go tercoreng.Sehingga yang muncul di depan Hikaru adalah roh penasaran Sai.Sai lalu memutuskan untuk menjadi partner Hikaru agar ia dapat bermain go lagi.

Sai pada akhirnya menjadi partner Hikaru.Perlahan tapi pasti Hikaru mulai mengenal dan mempelajari go. Begitu pula Sai yang beradaptasi di zaman yang baru.Hingga pada suatu hari, Hikaru bertemu dengan Akira Toya,pemain go berbakat yang merupakan putera dari Toya Meijin. Pada pertandingan pertama, Hikaru yang dibantu Sai dapat menang dengan mudah karena Akira tidak bersungguh-sungguh. Pada pertandingan ulang, akira mulai menunjukkan taringnya sebagai pemain go berbakat. Tapi Sai mengerahkan kekuatannya untuk membantu Hikaru, sehingga dalam sekali tebas Akira dikalahkan.Mulai saat itu, Akira bersikeras untuk mengejar Hikaru.

Hikaru telah duduk di kelas 1 SMP. Di masa SMPnya Hikaru pun mengikuti klub go di sekolahnya, tentunya karena desakan Sai. Hikaru juga pernah mengikuti turnamen go beregu sebelum masuk SMP. Melihat Hikaru yang mengikuti go beregu. Akira memutuskan mengikuti turnamen karena ingin menantang Hikaru. Pertandingan antara Hikaru vs Akira kali ini dimenangkan oleh Akira. Sebenarnya pada saat itu Hikaru kalah telak.Saat liburan panas,Hikaru mencoba bermain go melalui internet.Hikaru memutuskan memakai nama’Sai’dalam Internet.Dunia go Internet pun gempar dengan sepak terjang Sai yang bagaikan Honinbo Shukaku. Hal ini menggugah Koyo Toya “Meijin”untuk bertanding Go melawan Sai di Internet. Pertarungan berjalan seru, Toya Meijin akhirnya kalah dan memutuskan berhenti dari dunia go professional

Hikaru pun semakin matang sebagai pemain go, Teman Hikaru, Yoshitaka Waya menawarkan Hikaru untuk bergabung dengan Insei, semacam lembaga bimbingan Go. Di sana Hikaru bertemu dengan teman baru, seperti Ochi,Suyon,Isumi,dan lain-lain. Tentu saja kesempatan Hikaru untuk menjadi pemain Go Profesional semakin lebar. Sementara itu, Akira telah resmi menjadi pemain professional setelah mengalahkan seorang pemain go senior. Sekarang, Akira tinggal menunggu Hikaru untuk menjadipemain pro dan menantangnya kembali.

Dua tahun telah berlalu, Hikaru sekarang telah menjadi pemain go professional. Hikaru yang dulu selalu bergantung dengan Sai sekarang menjadi lebih mandiri. Tiba-tiba hal yang aneh terjadi, Sai menghilang dari kamar Hikaru. Hikaru yang panic mencoba untuk mencari Sai, bahkan sampai ke makam Honinbo Shukaku(gelar Sai). Ia lalu membuat suatu keputusan, yaitu tidak bermain Go lagi agar Sai kembali. Namun, usaha itu sia-sia. Sai tetap menghilang dan Hikatu menyadari bahwa Sai menghilang karena ia telah mandiri dalam bermain Go. Pada akhirnya, Hikaru bertekad untuk meneruskan impian Sai untuk mencapai “Langkah Dewa”.

Digelar turnamen “Hokuto Cup” , turnamen Go beregu yang diikuti oleh tiga Negara, yaitu Jepang-Korea-China. Hikaru dan Akira terpillih menjadi wakil Jepang. Satu orang lagi yang menemani mereka adalah Kyoharu Yashiro, pemain go dari Kansai. Di Hokuto Cup, lawan pertamatim Jepang adalah tim China. Karena belum terbiasa dengan suasana formal,Hikaru dan Yashiro menjadi gugup dan akhirnua kalah. Sementara, Akira berhasil menang. Di pertandingan melawan Korea, Hikaru bersikeras untuk dijadikan kapten. Alasan Hikaru yaitu ingin melawan Ko Yonha, Kapten Korea. Sebelum dimulai Hokuto Cup, Ko Yonha mengeluarkan pernyataan bahwa Honinbo Shukaku bukanlah pemain hebat. Tentu saja, Hikaru marah karena ia merasa Sai dilecehkan. Meski sudah berusaha keras, Ko Yonha tetap terlalu kuat bagi Hikaru. Di lain pihak, ketua tiap-tiap tim dan Toya Meijin membahas tentang Sai.Mereka menyimpulkan bahwa Sai adalah Dewa Go yang diutus untuk menyampaikan suatu tujuan penting, yaitu “Menghubungkan masa lalu yang jauh dengan masa yang depan jauh”. Turnamen Hokuto Cup pun resmi berakhir dengan munculnya generasi masa depan dunia go Jepang.

hokuto-cup players
hokuto-cup players

Susunan pemain Tim Jepang-Korea-China

JEPANG

Ketua : Atsushi Kurata

Kapten :Akira Toya

Wakil Kapten :Hikaru Shindo

Pemain ke-3 :Kyoharu Yashiro

KOREA

Ketua : An Taeson

Kapten : Ko Yonha

Wakil Kapten :Rhim Il-Hwan

Pemain ke-3 : Hon Suyon

CHINA

Ketua :Yang Hai

Kapten :Lu Lee

Wakil Kapten :Wang Shizhen

Pemain ke-3 :Zhao Shi

About these ads

8 thoughts on “HIKARU NO GO

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s